Tuesday, June 28, 2011

Cucak Jenggot, Burung Dwi Fungsi dan tips dalam memilihnya

Memiliki suara yang lantang, indah, yang pastinya akan selalu menghibur. Hal inilah yang menyebabkan orang-orang banyak mengincar Burung Cucak Jenggot untuk dijadikan hewan peliharaan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tips memilih Burung Cucak Jenggot. Yuk, simak dengan seksama.Cucak Jenggot merupakan burung fighter. Burung ini umumnya digunakan sebagai burung master tetapi banyak juga yang menjadikannya sebagai burung lapangan yang selalu berprestasi dan mencetak poin dalam suatu lomba. “Pamor Cucak Jenggot makin menanjak seiring dengan sering diadakannya perlombaan baik di tingkat lokal maupun nasional. Memelihara dan merawat burung Cucak Jenggot sangatlah mudah,” papar Agung.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, karakter burung ini mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia. Agresif, jika disekitarnya ada suarau burung lain yang memiliki frekuensi tinggi, burung ini langsung menimpali, imbuhnya.

Untuk bisa membedakan jenis kelamin cucak jenggot, pada dasarnya memang tidak mudah layaknya mengenali ciri-ciri cucak ijo atau burung lainnya. Tapi pada umumnya jantan dan betina bisa dilihat dari segi fisiknya.
Untuk perawatan sebenarnya Cucak Jenggot tidak beda dengan burung lainnya. Dimandikan, dijemur dan diberi makan. Perawatan ini harus rutin dan teratur, agar burung dapat bekerja dengan stabil.

Cara perawatannya juga menentukan kicauan dari masing-masing burung. "Semakin dirawat dengan ekstra maka burung kana berkicau dengan gelegar,” kata pria yang seing menjadi juri di Letberan PASTHY.

Untuk makanan, Cucak Hijau paling doyan akan buah-buahan seperti pisang, pepaya, tomat, pir. Untuk EF (extra fooding) bisa diberi jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat bambu, belalang. Namun perlu diketahui, pemberian EF juga harus disesuaikan dengan karakter masing-masing burung.

Perbanyak pemberian buah pepaya, karena buah ini mengandung vitamin C yang tinggi sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Disamping itu, mudah dicerna dan sangat cocok untuk metabolisme burung pemakan buah seperti Cucak Jenggot,” katanya.

Prospek Cucak Jenggot begitu menggairahkan, harga anakan di pasaran biasa mencapai Rp. 90.000 – Rp. 125.000. Sedangkan jika sudah mengikuti lomba harganya bisa jutaan. Bahkan menurut Agung, Cucak Jenggot yang memiliki volume keras, crecetan tajam rapet dan isian komplit, harganya juga cukup tinggi.

Berikut dibawah ini adalah Tips memilih Burung Cucak Jenggot

  • Dilihat dari postur badan, pilihlah burung yang berpostur dengan panjang leher, badan dan ekor, serta kaki yang serasi. Jangan memilih burung yang berleher dan berbadan pendek.
  • Sayap mengapit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandkaan burung sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  • Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri sumber daya burung yang bermental baik.
  • Rajin bunyi, ini menandakan burung tersebut memiliki prospek yang cerah.
  • Warna bulu tegas dan kering, diyakini memiliki irama laguyang sangat panjang.
  • Memiliki jambul dan jenggot yang lebih besar. Burung akan mempunyai wibawa yang besar apabila berhadapan dengan burung Cucak Jenggot lain.






No comments:

Post a Comment

Waktu begitu cepat berlalu mengiring langkah dalam cerita. Terbayang selalu tatapanmu dalam lingkaran pemikiran positif ku. Para pembaca blog Warga Desa (https://warga-desa-worlds.blogspot.com) adalah teman yang terindah. Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan komentar.

Label

Agama Air Minum Alat Musik Alumunium Angklung Artis Asmara Automotif Bahan Bakar Bali Bambu Bandung Bank Bank Sampah Barang Bekas Batam Batik Becak Beras Besakih Biola Blogspot Boneka Buah-buahan Budaya dan Tradisi Buka Lapak Buku Bunga Burger Burung Cafe Charlie Tjendapati CNBC Cobek Dandung Santoso Daur Ulang Desa Desain Dodol E-mail Eceng Gondok Edie Juandie Ekonomi dan Perdagangan Es Krim Facebook Flipboard Flora dan Fauna Fruit Carving Furnitur Gadget Gamelan Garam Gerai Gerobak Gitar Google Plus Gula Hari Raya Harian Merdeka Haryadi Chou Hewan Hiburan dan Wisata Hidayah Anka Hidroponik Hijab Hotel http://www.duahari.com Hukum dan Politik Indra Karyanto Instagram Internet Internet Marketing ITB Jagung Jajanan Jamu Jamur Tiram Jangkrik Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Jepang Kain dan Pakaian Kaleng Kalimantan Kamera Kapal Laut Karaoke Kartun Kecantikan Kecap Keju Kelautan Kelinci Kemasyarakatan Kendaraan Kerajinan Kereta Kertas Kiat dan Tip Kisah Hidup Koki Komputer dan Teknologi Kopi Koran Kuda Pustaka Kuliner Kumpulan Kurir LA Time Laptop Si Unyil Lidah Buaya Linkedin Liputan 6 Logam Lukisan Kayu Madu Mahasiswa Mainan Anak-Anak Makanan dan Minuman Malang Martabak Masyarakat dan Persoalannya Matras Melukis & Menggambar Metro TV Mineral Miniatur Minyak Atsiri Mitra Mobil Motor Musik Nana Mulyana Narapidana Net TV Ngatmin Biola Bambu Obat dan Kesehatan Olah Raga Ondel-Ondel Online Organik Organisasi Sosial Pameran Panama Papers Pantang Menyerah Papan Selancar Paper Quilling Pariwisata Peluang Usaha Pemulung Pencucian Pendidikan Penelitian Penemuan Penyanyi Penyiar Peralatan Perhiasan Perikanan Permainan Perpustakaan Pertanian dan Perkebunan Perumahan Peternakan Pinterest Plastik Proses Produksi Psikologi dan Mental Putu Gede Asnawa Dikta Puyuh Radio Rancangan Rendang Resep dan Masakan Restoran Robot Roti Salak Sambal Sampah Sandal Sapi Sayur Mayur Sejarah dan Peradaban Sekolah Semarang Seni Seni Pahat Sepatu Sepeda Sindo News Slamet Triamanto Spa Strikingly Suprapto Surabaya Surat Kabar Tahun Baru Tas Tattoo Techno Park Teh Tekhnologi Televisi Telur Terrarium Tukang Cukur Tumang Twitter Venta Agustri Vespa Wanita dan Keindahan Wawancara Wayang Website Wetz Shinoda What's Up Wine Wordpress Yoga Yogyakarta You Tube