Monday, June 27, 2011

Cara menjaga Kesehatan Retina dengan menggunakan Keripik Kulit Pisang

Manfat kulit pisang dapat dinikmati dalam keripik kulit pisang. Ini menjadi peluang bisnis baru. Kelezatan keripik kulit pisang tak kalah dengan keripik pisang.
Peluang Bisnis Baru.

Kulit pisang merupakan hasil sampingan dari pemanfaatan pisang yang dapat dijadikan makanan ringan seperti keripik. Walaupun kulit pisang merupakan hasil sampingan, namun kandungan gizinya tak kalah dari buahnya. Kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein dan karbohidrat.

Hasil penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan Taiwan, memperlihatkan ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi untuk mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata. Selain kaya vitamin B6, kulit pisang juga ternyata banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood. Selain itu, ditemukan pula manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan akibat cahaya pada regenerasi retina.

Manfat kulit pisang dapat dinikmati dalam keripik kulit pisang. Ini menjadi peluang bisnis baru. Kelezatan keripik kulit pisang tak kalah dengan keripik pisang.

Untuk memberikan variasi rasa, taburkan bumbu tabor pada keripik kulit pisang. Pilih bumbu tabor aneka rasa untuk memberikan sensasi rasa yang berbeda.

Kriuk-kriuk keripik kulit pisang dapat dikemas dalam kemasan plastic PP (Poliprophilen). Pilihlah plastik PP dengan ketebalan yang cukup agar produk tetap renyah. Pengemasan sebaiknya menggunakan sealer (penyegel), jangan menggunakan lilin. Berilah label pada kemasan plastik. Sebaiknya label tidak dimasukkan dalam kemasan sehingga kontak langsung dengan produk. Hal ii dilakukan untuk menjaga sanitasi dan higienitas produk.

Bahan membuat keripik kulit pisang: kulit pisang, air kapur (1/2 sendok the kapur dilarutkan dalam 1 liter air), garam, gula dan tepung.

Kulit pisang dicuci bersih. Lalu direndam dalam air kapur selama 20 menit. Setelah itu, angkat dan rendam dalam larutan garam (1 sendok teg garam dilarutkan dalam 1 liter air) selama 20 menit. Diangkat, lalu rendam lagi dalam larutan gula (3 sendok gula dilarutkan dalam 1 liter air) selama 20 menit.

Angkat dari proses perendaman, lalu dikeringkan dengan dijemur selama 8 jam. Setelah itu digoreng.

Bila menginginkan digoreng dengan menggunakan tepung, lakukan lagi langkah ke 4-7. Selanjutnya memasukkan kulit pisang dalam adonan tepung, goring. Setelah keripik kelihatan berwarna kuning, angkat dari penggorengan dan tiriskan.

Selain untuk cemilan sekeluarga, keripik kulit pisang bisa dikemas untuk dijual. Apalagi bila didukung oleh sosialisasi manfaat kulit pisang, tentu usaha keripik satu ini memiliki potensi pasar yang sangat besar.


No comments:

Post a Comment

Waktu begitu cepat berlalu mengiring langkah dalam cerita. Terbayang selalu tatapanmu dalam lingkaran pemikiran positif ku. Para pembaca blog Warga Desa (https://warga-desa-worlds.blogspot.com) adalah teman yang terindah. Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan komentar.

Label

Agama Air Minum Alat Musik Alumunium Angklung Artis Asmara Automotif Bahan Bakar Bali Bambu Bandung Bank Bank Sampah Barang Bekas Batam Batik Becak Beras Besakih Biola Blogspot Boneka Buah-buahan Budaya dan Tradisi Buka Lapak Buku Bunga Burger Burung Cafe Charlie Tjendapati CNBC Cobek Dandung Santoso Daur Ulang Desa Desain Dodol E-mail Eceng Gondok Edie Juandie Ekonomi dan Perdagangan Es Krim Facebook Flipboard Flora dan Fauna Fruit Carving Furnitur Gadget Gamelan Garam Gerai Gerobak Gitar Google Plus Gula Hari Raya Harian Merdeka Haryadi Chou Hewan Hiburan dan Wisata Hidayah Anka Hidroponik Hijab Hotel http://www.duahari.com Hukum dan Politik Indra Karyanto Instagram Internet Internet Marketing ITB Jagung Jajanan Jamu Jamur Tiram Jangkrik Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Jepang Kain dan Pakaian Kaleng Kalimantan Kamera Kapal Laut Karaoke Kartun Kecantikan Kecap Keju Kelautan Kelinci Kemasyarakatan Kendaraan Kerajinan Kereta Kertas Kiat dan Tip Kisah Hidup Koki Komputer dan Teknologi Kopi Koran Kuda Pustaka Kuliner Kumpulan Kurir LA Time Laptop Si Unyil Lidah Buaya Linkedin Liputan 6 Logam Lukisan Kayu Madu Mahasiswa Mainan Anak-Anak Makanan dan Minuman Malang Martabak Masyarakat dan Persoalannya Matras Melukis & Menggambar Metro TV Mineral Miniatur Minyak Atsiri Mitra Mobil Motor Musik Nana Mulyana Narapidana Net TV Ngatmin Biola Bambu Obat dan Kesehatan Olah Raga Ondel-Ondel Online Organik Organisasi Sosial Pameran Panama Papers Pantang Menyerah Papan Selancar Paper Quilling Pariwisata Peluang Usaha Pemulung Pencucian Pendidikan Penelitian Penemuan Penyanyi Penyiar Peralatan Perhiasan Perikanan Permainan Perpustakaan Pertanian dan Perkebunan Perumahan Peternakan Pinterest Plastik Proses Produksi Psikologi dan Mental Putu Gede Asnawa Dikta Puyuh Radio Rancangan Rendang Resep dan Masakan Restoran Robot Roti Salak Sambal Sampah Sandal Sapi Sayur Mayur Sejarah dan Peradaban Sekolah Semarang Seni Seni Pahat Sepatu Sepeda Sindo News Slamet Triamanto Spa Strikingly Suprapto Surabaya Surat Kabar Tahun Baru Tas Tattoo Techno Park Teh Tekhnologi Televisi Telur Terrarium Tukang Cukur Tumang Twitter Venta Agustri Vespa Wanita dan Keindahan Wawancara Wayang Website Wetz Shinoda What's Up Wine Wordpress Yoga Yogyakarta You Tube