Friday, May 27, 2016

Bermodal Tanaman Kangkung, Pak Charlie Tjendapati Raih Omset Rp. 97,2 Juta

Pak Charlie menganggap bisnis yang ia geluti sekarang sangat menjanjikan. Dia pun kerap diundang untuk berbagai penyuluhan di berbagai tempat seputaran Jawa Barat untuk sekedar sharing dan bertukar pengalaman.

Nilai jual yang tidak terlalu mahal di pasaran hanya Rp. 1.000 s/d Rp. 2.000 per ikat. Namun mampu meraih keuntungan sebesar Rp. 97,2 juta per bulannya. Selamat Pagi, Kawan! Kata Charlie Tjendapati.

Lingkungan lahan yang sejuk dan asri di wilayah Bandung, Jawa Barat tak membuat dia dapat berdiam diri menikmati apa yang telah terjadi. Perihal tumbuhan ini membuat dirinya terpikir untuk membangun sebuah tempat pengelolaan perkebunan berjenis Hidroponik.

Sebut saja kangkung, tumbuhan berjenis sayur-sayuran dan banyak ditanam untuk dijadikan makanan. Charlie memulai impiannya dengan membuat lubang tanam sebanyak 86.400 titik pada beberapa paralon untuk 16 netpot yang telah dipersiapkan. Setiap netpot berisi 4, 5, atau 6 tanaman kangkung.

Setelah kangkung berumur 20 hari, maka setiap 10 hari akan dipanen 2.700 kg. Sehingga dalam sebulan, perkebunan Pak Tjendapati menghasilkan 8.100 kg. Bukan tidak mungkin bila angka istimewa sebesar Rp. 97.200.000 mampu digapai. Setelah dijumlahkan: harga kangkung Rp. 12.000/kg x 8.100 kg.

Pak Charlie menganggap bisnis yang ia geluti sekarang sangat menjanjikan. Dia pun kerap diundang untuk berbagai penyuluhan di berbagai tempat seputaran Jawa Barat guna sekedar sharing dan bertukar pengalaman.

Menurutnya, "Biaya investasi dan pengeluaran bulanan juga besar, tapi tetap akan ada margin yang besar buat sang empunya," tulis Charlie pada salah satu postingannya di salah satu akun social networking-nya.

Facebook: https://www.facebook.com/CharlieTjendapati2/


Pak Charlie menganggap bisnis yang ia geluti sekarang sangat menjanjikan. Dia pun kerap diundang untuk berbagai penyuluhan di berbagai tempat seputaran Jawa Barat untuk sekedar sharing dan bertukar pengalaman.Pak Charlie menganggap bisnis yang ia geluti sekarang sangat menjanjikan. Dia pun kerap diundang untuk berbagai penyuluhan di berbagai tempat seputaran Jawa Barat untuk sekedar sharing dan bertukar pengalaman.Pak Charlie menganggap bisnis yang ia geluti sekarang sangat menjanjikan. Dia pun kerap diundang untuk berbagai penyuluhan di berbagai tempat seputaran Jawa Barat untuk sekedar sharing dan bertukar pengalaman.







24 comments:

  1. Replies
    1. Benar Pak Consultan Online. Katanya sih! Hidroponik adalah sistem penanaman yang sangat bersahabat dengan masyarakat perkotaan.

      Delete
  2. Replies
    1. Solusi pendapatan terbaik untuk masyarakat, selain bekerja di kantor

      Delete
  3. klo di jakarta apakah bs tumbuh?bgmn cara pencahayaan dan pengairannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh anda baca dari halaman website di bawah ini:

      https://m.facebook.com/HidroponikShop/
      https://m.facebook.com/hidroponikforall?fc=f&showPageSuggestions&_rdr
      https://www.facebook.com/Hydroponic-by-Bertha-Suranto-231258377082344/?ref=br_rs
      https://www.facebook.com/Rumah-Hydroponic-272693056200842/?ref=br_rs
      http://hydrofarm.co.id/en/
      http://www.rumahhydroponic.com/
      https://www.facebook.com/hidroponik/
      https://m.facebook.com/MentoringHidroponikOnline/?refid=17
      https://m.facebook.com/Graha-Hidroponik-310125919111983/
      https://m.facebook.com/Rumah-Hidroponik-Pontianak-388462091292678/
      https://m.facebook.com/kampoengsayoerhidroponik/
      https://m.facebook.com/Sanggar-Hidroponik-150233178391459/
      https://m.facebook.com/sistemhidroponik/?refid=17
      https://www.facebook.com/Hidroponik-Murah-1553898181545544/

      Delete
  4. Alamatnya dimana ya, saya mau lihat langsung biar lebih dapat pengalamannya dilapangan dari pada teori terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok. Alamat email? Pak Bobi Barumanhaerafa. Nanti saya kirim alamat email Pak Charlie dan nomor teleponnya.

      Delete
    2. Saya mau gan honoratusn@yahoo.co.id thanks bantuannya

      Delete
    3. Saya berminat juga, mohon diemail agus.s487@yahoo.com Terima kasih atas bantuannya

      Delete
    4. saya berminat juga, minta juga email dan no hp kang charlie donk. ini email saya afrizon_ilyas@yahoo.com

      Delete
  5. Aku juga ingin melihat langsung tempatnya
    ,kalau bisa tuliskan saja alamatnya pada jawaban komentarku ini gan,trims.

    ReplyDelete
  6. Perlu bagi kita untuk mempelajari lebih jauh tentang hidroponik, tidak hanya tergiur dengan angka di atas kertas, karena bisa jadi kenyataannya tidak sesuai. Jika ingin belajar lebih dalam, bisa masuk ke grup Belajar Bareng Hidroponik di Facebook. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar juga Bu Ceumeta dan terima kasih atas apresiasinya. . . .Info yang sangat berguna

      Delete

Waktu begitu cepat berlalu mengiring langkah dalam cerita. Terbayang selalu tatapanmu dalam lingkaran pemikiran positif ku. Para pembaca blog Warga Desa (https://warga-desa-worlds.blogspot.com) adalah teman yang terindah. Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan komentar.

Label

Agama Air Minum Alat Musik Alumunium Angklung Artis Asmara Automotif Bahan Bakar Bali Bambu Bandung Bank Bank Sampah Barang Bekas Batam Batik Becak Beras Besakih Biola Blogspot Boneka Buah-buahan Budaya dan Tradisi Buka Lapak Buku Bunga Burger Burung Cafe Charlie Tjendapati CNBC Cobek Dandung Santoso Daur Ulang Desa Desain Dodol E-mail Eceng Gondok Edie Juandie Ekonomi dan Perdagangan Es Krim Facebook Flipboard Flora dan Fauna Fruit Carving Furnitur Gadget Gamelan Garam Gerai Gerobak Gitar Google Plus Gula Hari Raya Harian Merdeka Haryadi Chou Hewan Hiburan dan Wisata Hidayah Anka Hidroponik Hijab Hotel http://www.duahari.com Hukum dan Politik Indra Karyanto Instagram Internet Internet Marketing ITB Jagung Jajanan Jamu Jamur Tiram Jangkrik Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Jepang Kain dan Pakaian Kaleng Kalimantan Kamera Kapal Laut Karaoke Kartun Kecantikan Kecap Keju Kelautan Kelinci Kemasyarakatan Kendaraan Kerajinan Kereta Kertas Kiat dan Tip Kisah Hidup Koki Komputer dan Teknologi Kopi Koran Kuda Pustaka Kuliner Kulit Kumpulan Kurir LA Time Laptop Si Unyil Lidah Buaya Linkedin Liputan 6 Logam Lukisan Kayu Madu Mahasiswa Mainan Anak-Anak Makanan dan Minuman Malang Martabak Masyarakat dan Persoalannya Matras Melukis & Menggambar Metro TV Mineral Miniatur Minyak Atsiri Mitra Mobil Motor Musik Nana Mulyana Narapidana Net TV Ngatmin Biola Bambu Obat dan Kesehatan Olah Raga Ondel-Ondel Online Organik Organisasi Sosial Pameran Panama Papers Pantang Menyerah Papan Selancar Paper Quilling Pariwisata Peluang Usaha Pemulung Pencucian Pendidikan Penelitian Penemuan Penyanyi Penyiar Peralatan Perhiasan Perikanan Permainan Perpustakaan Pertanian dan Perkebunan Perumahan Peternakan Pinterest Plastik Proses Produksi Psikologi dan Mental Putu Gede Asnawa Dikta Puyuh Radio Rancangan Rendang Resep dan Masakan Restoran Robot Roti Salak Sambal Sampah Sandal Sapi Sayur Mayur Sejarah dan Peradaban Sekolah Semarang Seni Seni Pahat Sepatu Sepeda Sindo News Slamet Triamanto Spa Strikingly Suprapto Surabaya Surat Kabar Tahun Baru Tas Tattoo Techno Park Teh Tekhnologi Televisi Telur Terrarium Tukang Cukur Tumang Twitter Venta Agustri Vespa Wanita dan Keindahan Wawancara Wayang Website Wetz Shinoda What's Up Wine Wordpress Yoga Yogyakarta You Tube