Wednesday, May 23, 2018

Pria asal Jember Olah Limbah Pohon Kopi Jadi Kerajinan Unik


Keluarga Didin Ahmad Yudha yang tinggal di desa Kali Putih, kecamatan Rambipuji, Jember, Jawa Timur mengolah pohon kopi menjadi mebel dan perabot rumah tangga lainnya yang berharga mahal dan memiliki nilai seni yang tinggi sejak tahun 2012.

Bahan pembuatan mebel ini tadinya hanyalah batang kopi yang sudah tidak produktif lagi, digunakan oleh masyarakat setempat sebagai kayu bakar. Ide kreatif lantas muncul dari diri Pak Didin. Modalnya semangat, ketekunan, dan perhitungan yang matang. Mulai dari pemilihan bahan, proses pengerjaan, hingga tahap penyelesaian, termasuk pewarnaan dan kelengkapan.

Dilihat dari segi kualitas, kerajinan karya Pak Didin sangatlah alamiah, karena faktor value yang sudah terkandung pada bentuk batang kopi itu sendiri. Ia hanya melakukan sedikit perubahan melalui teknik penglupasan kulit yang dilanjutkan ke dalam proses penghalusan, setelah dicuci. Lengkap dengan sentuhan pernis, selama 1 minggu dengan hati-hati Pak Didin mengolah bahan yang awalnya polos seharga Rp. 20 ribu menjadi sesuatu bernilai seni.

Konsep desain artistik pada finishing telah merubah produk ini memiliki harga jual yang sangat menjanjikan. Hasil karyanya di pajang pada galeri miliknya, serta berbagai pameran yagn pernah diikuti dengan harga Rp. 350 ribu hingga Rp. 1,5 juta rupiah. Kebutuhan akan tenaga kerja baru pun segera bertambah, karena jumlah pemesannya per bulannya telah mencapai 40 hingga 70 kerajinan, beserta omsetnya sebesar Rp. 25 juta per bulan.

Industri dan Pendidikan.

Menyingkapi kabar baik ini, pemerintah setempat yagn diwakili oleh Kepala Desa Kali Putih, Ibu Dwi Diyah Setyorini segera mengembangkan program pendataan bagi masyarakat sekitar yang berpotensi. Peluang ini ditujukan bagi pelaku usaha setempat untuk dapat mengembangkan usahanya.

Alhasil, sebuah perkebunan biasa diubah wujudnya menjadi kawasan dengan pola techno park. Melalui skema inovasi ini, perkebunan yang terletak di Kebun Percobaan Kaliwining menjadi penghubung dunia industri dengan pendidikan yang dapat menyalurkan inovasi teknologi dari hulu sampai hilir kepada semua pelaku usaha pemula di sektor industri berbasis kopi dan cokelat. Para pengunjung CCSTP atau Coffee and Cocoa Science Techno Park akan mendapatkan penjelasan gratis dari tour guide tentang segala pengetahuan yang berhubungan dengan ilmu kopi dan cokelat (Kakao).

Sesampainya perjalanan terakhir di pabrik kopi dan kakao, pengunjung akan disuguhi berbagai menu makanan dan minuman yang lezat. Karena konsep coffee shop yang menarik dan cocok untuk berfoto, hal inilah yang membuat para pengunjung betah berlama-lama disini. Tentunya sambil mengabadikan momen dan menikmati hidangan yang disediakan.

Website: CCSTP (Coffee and Cocoa Science Technopark).
Facebook: CCSTP
Alamat:
Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, Kebun Percobaan Kaliwining, Jl. Kebun Renteng Jenggawah, Nogosari, Rambipuji, Nogosari Rambipuji, Nogosari, Rambipuji, Jember Regency, East Java 68175
Jam buka: Buka ⋅ Tutup pukul 16.00
Telepon: (0331) 757130


Video:










Foto:


Di kebun kopi dan kakao milik CCSTP (Coffee and Cocoa Science Techno Park) yang diresmikan oleh Menristek Dikti, Prof. H. M. Nasir pada 20 Mei 2016, tak hanya soal tanam-menanam kopi dan cokelat, tetapi banyak hal-hal lain yang mungkin perlu kamu ketahui.
Pria asal Jember Olah Limbah Pohon Kopi Jadi Kerajinan Unik
Di kebun kopi dan kakao milik CCSTP (Coffee and Cocoa Science Techno Park) yang diresmikan oleh Menristek Dikti, Prof. H. M. Nasir pada 20 Mei 2016, tak hanya soal tanam-menanam kopi dan cokelat, tetapi banyak hal-hal lain yang mungkin belum kamu inisiasikan.


Perlu diketahui, para pengunjung dapat melihat proses penjemuran ataupun fermentasi saat musim panen tiba. Namun kalau bukan pada waktu yang tepat, tour guide tetap menjelaskan proses kerja penjemuran, fermentasi, manfaat mesin, sampai pembuatan kopi dan cokelat siap saji.
Pria asal Jember Olah Limbah Pohon Kopi Jadi Kerajinan Unik
Perlu diketahui, para pengunjung dapat melihat proses penjemuran ataupun fermentasi saat musim panen tiba. Namun kalau bukan pada waktu yang tepat, tour guide tetap menjelaskan proses kerja penjemuran, fermentasi, manfaat mesin, sampai pembuatan kopi dan cokelat siap saji.


Apakah ditempat ini ada pelatihan untuk petani kakao dan pengolahan hasil akhirnya???. . . . . . .Kita siap siaga bagi siapa saja dan kapan saja untuk mengadakan pelatihan kopi maupun kakao langsung hubungi puslitkoka via surat kepada direktur.
Pria asal Jember Olah Limbah Pohon Kopi Jadi Kerajinan Unik
Apakah ditempat ini ada pelatihan untuk petani kakao dan pengolahan hasil akhirnya???. . . . . . ."Kita siap siaga bagi siapa saja dan kapan saja untuk mengadakan pelatihan kopi maupun kakao langsung hubungi puslitkoka via surat kepada direktur."


Bagaimana caranya mengajak rombongan teman teman sekolah ? +/- 100 orang Apa ada harga khusus untuk panitia . . . . . . . . . Langsung tanya pihak ccstp... saya cuman kunjungan aja. Diskon 50%. Silahkan datang ke tempat kami....
Pria asal Jember Olah Limbah Pohon Kopi Jadi Kerajinan Unik
Bagaimana caranya mengajak rombongan teman teman sekolah ? +/- 100 orang Apa ada harga khusus untuk panitia . . . . . . . . . "Langsung tanya pihak ccstp... saya cuman kunjungan aja. Diskon 50%. Silahkan datang ke tempat kami...."


Hari minggu apa buka ya???  . . . . . . . .  COCO Park buka setiap hari... 7 hari dlm seminggu... buka jam 08.00 - 16.00 wib. Malah rame kalau minggu.
Pria asal Jember Olah Limbah Pohon Kopi Jadi Kerajinan Unik

6 comments:

  1. inspiratif, di desa perlu orang seperti ini akan memajukan roda ekonomi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepanjang pengetahuan saya semenjak menulis pada blog: http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com, para pengrajin yang dapat memajukan roda ekonomi rakyat terus bertambah dari tahun ke tahun. Banyak pameran dan kejuaraan yang telah mereka ikuti.
      Semoga bagi kawan-kawan yang belum mendapatkan pekerjaan dapat mengikuti jejak langkah mereka.

      Delete
  2. inilah skill yang sejati . bisa memanfaatkan tiap potensi komoditi tak hanya derivatif. bahkan hingga limbahnya bisa dimanfaatkan. nilai tambah yang berkesinambungan. dukung geliat anak bangsa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. You are trully right, Chef Cendikia Channel
      Indonesian country are born for us, citizenry
      And it's not just a blank space of paper
      Many people are living together by village which want to dedicated their future dreaming in the big town.
      Upps. . . .Amazingly, the miracle was standing for a long time on the direction of themself.

      Delete
  3. Replies
    1. Warga Desa Indonesia yang kreatif emang hebat-hebat banget.

      Delete

Waktu begitu cepat berlalu mengiring langkah dalam cerita. Terbayang selalu tatapanmu dalam lingkaran pemikiran positif ku. Para pembaca blog Warga Desa (https://warga-desa-worlds.blogspot.com) adalah teman yang terindah. Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan komentar.

Label

Agama Air Minum Alat Musik Alumunium Angklung Artis Asmara Automotif Bahan Bakar Bali Bambu Bandung Bank Bank Sampah Barang Bekas Batam Batik Becak Beras Besakih Biola Blogspot Boneka Buah-buahan Budaya dan Tradisi Buka Lapak Buku Bunga Burger Burung Cafe Charlie Tjendapati CNBC Cobek Dandung Santoso Daur Ulang Desa Desain Dodol E-mail Eceng Gondok Edie Juandie Ekonomi dan Perdagangan Es Krim Facebook Flipboard Flora dan Fauna Fruit Carving Furnitur Gadget Gamelan Garam Gerai Gerobak Gitar Google Plus Gula Hari Raya Harian Merdeka Haryadi Chou Hewan Hiburan dan Wisata Hidayah Anka Hidroponik Hijab Hotel http://www.duahari.com Hukum dan Politik Indra Karyanto Instagram Internet Internet Marketing ITB Jagung Jajanan Jamu Jamur Tiram Jangkrik Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Jepang Kain dan Pakaian Kaleng Kalimantan Kamera Kapal Laut Karaoke Kartun Kecantikan Kecap Keju Kelautan Kelinci Kemasyarakatan Kendaraan Kerajinan Kereta Kertas Kiat dan Tip Kisah Hidup Koki Komputer dan Teknologi Kopi Koran Kuda Pustaka Kuliner Kulit Kumpulan Kurir LA Time Laptop Si Unyil Lidah Buaya Linkedin Liputan 6 Logam Lukisan Kayu Madu Mahasiswa Mainan Anak-Anak Makanan dan Minuman Malang Martabak Masyarakat dan Persoalannya Matras Melukis & Menggambar Metro TV Mineral Miniatur Minyak Atsiri Mitra Mobil Motor Musik Nana Mulyana Narapidana Net TV Ngatmin Biola Bambu Obat dan Kesehatan Olah Raga Ondel-Ondel Online Organik Organisasi Sosial Pameran Panama Papers Pantang Menyerah Papan Selancar Paper Quilling Pariwisata Peluang Usaha Pemulung Pencucian Pendidikan Penelitian Penemuan Penyanyi Penyiar Peralatan Perhiasan Perikanan Permainan Perpustakaan Pertanian dan Perkebunan Perumahan Peternakan Pinterest Plastik Proses Produksi Psikologi dan Mental Putu Gede Asnawa Dikta Puyuh Radio Rancangan Rendang Resep dan Masakan Restoran Robot Roti Salak Sambal Sampah Sandal Sapi Sayur Mayur Sejarah dan Peradaban Sekolah Semarang Seni Seni Pahat Sepatu Sepeda Sindo News Slamet Triamanto Spa Strikingly Suprapto Surabaya Surat Kabar Tahun Baru Tas Tattoo Techno Park Teh Tekhnologi Televisi Telur Terrarium Tukang Cukur Tumang Twitter Venta Agustri Vespa Wanita dan Keindahan Wawancara Wayang Website Wetz Shinoda What's Up Wine Wordpress Yoga Yogyakarta You Tube