Hobi blogging, oke juga loh. Syukur-syukur bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Buktinya dari rajin membaca dan menulis di internet, terutama informasi tentang masalah-masalah sosial, Ibu Hanifa Ambadar, 37, bisa seperti sekarang.
Punya banyak teman, sahabat, kolega, memiliki banyak ide yang bisa dituangkan pada pembicaran, maupun penulisan. Belum lagi tenaga kerjanya yang terus bertambah, karena pertambahan jumlah kerjasama kerja. Kebiasaan yang senantiasa ia kerjakan sejak masih sekolah di Jakarta hingga menempuh jurusan Business Marketing di Southern Illinois University Carbondale Illinois pada tahun 1999.
Setelah meraih gelar S1, ia menikah dan melanjutkan pendidikan S2 untuk jurusan Management Information System di Maryville University St. Louis. Kuliah, hamil dan kerja, tampaknya mustahil deh. Yap, kondisi yang harus ia jalani, serta tak terlena dengan keadaan saat mendirikan layanan web design tentang dunia Mode dan Kecantikan yang rata-rata pelanggannya berasal dari Amerika Serikat. Hebatnya lagi, kesemua tim kerjanya bersumber dari negaranya sendiri beserta kualitas produk yang berasal dari Indonesia. Kemudahan mendapatkan kolega berasal dari aktivitasnya di Asian Student Association & Internasional Student Council.
Forum yang Tumbuh karena Kebutuhan.
Kebanyakan lulusan baru saat itu cenderung memprioritaskan perusahaan skala multinasional sebagai proyeksi rencana kerja selanjutnya. Begitu pun pula dengan Hani, panggilang akrabnya. Ia sempat menduduki posisi penting sebagai Community Manager di Islamic Foundation of Greater St. Louis dan pernah juga meniti karir pada perusahaan besar asal San Fransisco yang bergerak di bidang industri retail, GAP Inc.
Pengalaman yang sudah bisa dikatakan sangat cukup untuk membangun usaha sendiri. Jiwa entrepreneur yang juga diilhami oleh perusahaan law firm dari almarhum sang Ayah. Hanifa kecil memiliki kenangan yang tak terlupakan tentang gaya hidup menjadi pemimpin perusahaan. Plus, potensi besar akan pengembangan kualitas diri guna mencetak jiwa yang mampu berkontribusi dalam perekonomian, mengatasi pengangguran, serta kemiskinan melalui nilai-nilai kreatifitas, inovasi, tanggung jawab, dan kemandirian.
Nah, di tahun 2005, Ibu Hanifa Ambadar melihat perkembangan yang sangat baik akan peran serta BLOG sebagai media komunikasi di negeri Uncle Sam. Kemajuannya sangat pesat, namun tidak diimbangi oleh jumlah blogger di Indonesia. Sedikit sekali katanya. Sedangkan disana sudah mulai spesifik. Ada penulisan yang mengkhususkan pada olahraga, fotografi, kuliner dan itu semua secara bertahap sudah berkembang menuju besar.
Berdasarkan keunggulan tersebut. Akhirnya dibikin dulu Female Daily dan di maintenance terus menerus secara casual saja sambil kuliah lagi. Hingga pada tahun 2007, ada sebuah agensi digital mengirim email dan bilang, “Kalau pasang brand mail bisa enggak ?? Apa sih syaratnya.” Kaget, enggak nyangka bisa secepat itu dan saat itu kebetulan belum punya Rate Card, yakni sebuah kartu ijin yang menampilkan tarif periklanan pada sebuah perusahaan yang sudah memiliki website. Karena ditanyakan tentang hal tersebut, sedangkan dia belum sama sekali mengerti tentang rate card. Ya diterima aja tanpa basa basi. Kira-kira itulah kali pertama Ibu Hanifa Ambadar mendapatkan laba dari penulisan blog.
Mencetak kebiasaan dari Aktivitas Wanita BUMI (Buku Manusia).
Kalau komunitas Female Daily network sudah ada sejak tahun 2007. Forum tersebut pertama kali dibuat pada bulan Mei 2007. Lantas, karena pembaca Female Daily makin lama makin banyak, akhirnya ia memutuskan bahwa udah perlu nih ada forumnya khusus agar supaya diskusinya lebih lancar dan lebih intense atau bersemangat lagi.
Maka dibuatlah forum Fashion Daily. Jadi waktu itu masih seputar fashion aja yang dibahas. Memang pula fokus informasinya di fashion sih. Tema fashionnya dimulai dari gaya berbusana di Indonesia hingga Internasional. Mereka biasanya membahas tentang komoditi tas, sepatu, barang-barang belanjaan, terus juga dari beauty, make-up, skin care, salon, hingga kualitas akan dokter kulit.
Lantas pada 2 tahun berikutnya, ternyata banyak perubahan. Ada member-nya yang sudah menikah, punya anak, hamil, dan sebagainya. Jadi pengurus forum Fashion Daily sudah memperhatikan adanya kebutuhan yang lebih untuk didiskusikan di luar masalah fashion dan beauty. Maka dibuatlah Mommies Daily. Disitu terdapat pembahasan tentang kehidupan parenting, tips kehamilan, keluarga, pola asuh anak, dan banyak lagi.
Selanjutnya, website yang khusus membahas tentang masalah gaya berpakaian selebriti pun diterbitkan dengan nama Pops Daily. Tidak ketinggalan bagi anggota forum yang doyan melakukan perjalanan wisata bersama kerabat, semua itu dapat dengan mudah anda temukan pada Travelers Daily. Kemajuan pesat yang ternyata juga menggugah sebuah rumah mode di Singapura untuk mau bekerjasama. Clozette Daily tersusun untuk menyebarkan informasi tentang tips dan trik keseharian dalam berpakaian.
Ngomong-ngomong tentang komunitas Female Daily Network. Setiap bulan forum tersebut dikunjungi oleh sekitar 2 juta wanita Indonesia. Anggotanya telah berjumlah 63 ribu dan bisa dibilang hampir semuanya aktif hingga saat ini. 99% anggota adalah perempuan. Kalau dibagi lagi dari anggota tersebut, setengahnya sudah menikah. Terus, setengahnya lagi udah punya anak. Kira-kira 45% nya itu professional dan bekerja di kantor. 20% nya entrepreneur, sisanya ada yang hanya ibu rumah tangga dan ada juga yang masih kuliah. Kalau kalangan kelasnya itu, kategori A dan B.
Omzet sebesar Rp. 2 Miliar dapat secepatnya Female Daily Network kendalikan pada 3 bulan pertama tahun 2011. Jumlah angka pendapatan yang juga didorong oleh peningkatan total pembaca sebanyak 350% dalam waktu 1 semester terakhir. “Nah, karena mereka menganggap kami tahu bagaimana berkomunikasi dengan perempuan, maka mereka memercayakan untuk membuat strategi media sosial dan mengelolanya,” Urai wanita kelahiran Jakarta, 21 Mei 1979 kepada Harian Swa (19/10/2012) tentang kiat dan rahasia Female Daily Network selama ini.
Website: http://femaledaily.com, http://reviews.femaledaily.com, http://popsdaily.com, http://travelersdaily.com, http://www.clozette.co.id., http://mommiesdaily.com, http://awards.femaledaily.com.
Facebook: https://www.facebook.com/FemaleDailyNetwork, https://www.facebook.com/PopsDaily.Page.
Instagram: https://www.instagram.com/femaledailynetwork.
Twitter: https://twitter.com/travelersdaily.
You Tube: https://www.youtube.com/user/FemaleDailyNetwork.
Forum: http://forum.femaledaily.com.
Alamat: Jl. Pejaten Barat No. 46, Pejaten Barat, RT.8/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510
Telepon: (021) 7194646
Sumber penulisan:
http://peluangusaha.kontan.co.id/news/mencetak-laba-dari-kicauan-para-wanita
http://marketeers.com/female-daily-bertahan-setelah-dikritik/
http://femaledaily.com/blog/2015/05/16/perayaan-100-tahun-maybelline-hanifa-ambadar-ceo-female-daily-dapat-penghargaan/
http://swa.co.id/swa/headline/hanifa-ambadar-raup-miliaran-dari-dunia-wanita-ranah-maya
https://id.techinasia.com/kisah-sukses-hanifa-ambadar-hanzky
http://www.youthmanual.com/post/profil/profesiku-entrepreneur-hanifa-ambadar
http://theit-girl.com/id/hanifa-ambadar-ceo-of-female-daily-network/
http://jakarta.bisnis.com/read/20141116/388/272673/hanifa-ambadar-jadi-entrepreneur-karena-hobi-blogging
http://www.mldspot.com/profile/2015/12/16/hanifa-ambadar-wanita-di-balik-female-daily
http://otomotif.kompas.com/read/2016/06/17/115852015/hanifa.ambadar.kepincut.desain.sienta
http://www.ziliun.com/articlesqa-hanifa-ambadar-invest-your-dream-fullest/
http://otomotif.liputan6.com/read/2537608/hanifa-ambadar-menetapkan-hati-ke-toyota-sienta
http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/16/12/04/ohnna5328-usia-cantik-menurut-pengusaha-sukses-hanifa-ambadar
https://www.merdeka.com/otomotif/cerita-hanifa-ambadar-memilih-toyota-all-new-sienta.html
http://life.viva.co.id/news/read/862178-kisah-hanifa-ambadar-sukses-jadi-ibu-dan-di-bisnis-digital
http://majalahkartini.co.id/mode-kecantikan/kecantikan/para-perempuan-hebat-merayakan-usia-cantik-mereka/
wah sangat bermanfaat...salam sukses...
ReplyDeleteFemale Daily Network memang online destination terbaik untuk segala informasi yang berhubungan dengan cita-cita Ibu kita Kartini.
Deletebenar-benar wanita hebat
ReplyDeletePendapat yang sangat Tepat, Pak Gea.
DeleteSaya pun sebagai orang pernah menulis tentang beliau, sangat beruntung bisa mengetahui sosok wanita luar biasa seperti Ibu Hanifa Ambadar.