Wednesday, April 5, 2017

Zaenal Mukhlisin Pengrajin SANDAL Jepit UKIR dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah

Sandal jepit produksinya bisa diubah tampilannya menjadi sangat unik. Pak Zaenal Mukhlisin, warga Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu, Pati, Jawa Tengah adalah empunya. Tak hanya untuk cowok, banyak motif gambar yagn sesuai selera wanita pun hair. Bisnis yang telah ia geluti sejak tahun 2010. Saat ini produk kreatifnya telah dipasarkan lewat media online yang pada awalnya masih dari mulut ke mulut.
Zaenal Mukhlisin Pengrajin SANDAL Jepit UKIR dari Kabupaten
Pati, Jawa Tengah

Alas kaki yang satu ini sudah begitu akrab dengan kaki orang Indonesia. Ringan dan nyaman saat dipakai, membuat masyarakat memilih sandal jenis ini guna sedianya mengisi waktu santai. Selain murah sandal ini juga sangat bersahabat saat digunakan bagi segala keperluan.

Peluang bisnis yang sangat menjanjikan, karena produk jenis ini tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tapi tahu kah anda, ide penciptaan sandal kreatif berikut justru datang nasib sial. Adalah Pak Zaenal Mukhlisin, warga Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu, Pati, Jawa Tengah.

Berawal dari seringnya kehilangan sandal di berbagai kesempatan membuat ia tidak suka mengeluh. Bahkan ia mampu membuahkan sandal yang memiliki ciri khas berbeda dengan sandal lainnya. Lantas biasa mencoba melukis sandal dengan berbagai gambar-gambar khas dan mengukirnya menggunakan spidol. Sandal bergambar khusus ini terbukti tak lagi hilang. Hingga kemudian sandal ukir ini menarik minat para teman-temannya sesama penghuni pesanteren di Desa Selempung, Kec. Dukuh seti dan berbagai tetangga di rumahnya.

"Sktr thn 2008 msh di pesantren pak. bs di bilang bljrnya pas di pesantren. tp ga ada di pljrn pondok pak. mksd e bljr sndiri2. Pas pd wktu senggang bikin sndl ukir pak," Jelas Pak Mukhlisin kepada saya Clenoro Suharto di Facebook, "Awal nya sandal sering ketuker pak. di ksh tulisan spidol stlh bbrp hr tulisanya hilang sandalnya jg ikut hilang. Ada slh stu tmen ksh ide di ukir saja biar awet. Stlh lama kelamaan trbukti ga trtuker dan enggak cpet hilang. trs tmen2 santri lain pd rame2 bikin pak. Klo saya di pondok itu dr sktr 2007-2010 an."

Setelah lulus pendidikan di pondok pesanteren A.K.N Marzuqi, ia masih menganggur. Memang juga sosok pria kelahiran 28 Februari tidak bisa diam untuk membuat hal-hal yang inovatif. Iseng-iseng pada tahun 2010 bermodalkan uang Rp. 10 ribu, ia sering memenuhi pesanan dari teman-teman, maupun saudara sebanyak 1 hingga 2 pasang. Sepanjang tahun itu juga, pesanan makin bertambah banyak berkat promosi dari mulut ke mulu. "Thn 2012 mulai msuk online pak," urainya kemudian. Terutama berkat kinerja promosi di Facebook account, pesanan mampu merambah cepat ke luar kota dan luar propinsi.

Komoditi sandal jepit yang tadinya polos dan biasa saja diukir dengan berbagai pola, sehingga menjadi lebih menarik dan penuh gaya. Nilai ekonomis sandal jepit pun juga cepat terdongkrak. Sandal jepit diukir dengan menggunakan pisau cutter sesuai pola gambar yang telah dibuat pada permukaan sandal. Untuk menyelesaikan ukiran pada satu pasang sandal jepit dibutuhkan waktu 3 jam saja. Tergantung tingkat kerumitan desain yang hendak dibuat.

Dalam sehari Pak Zaenal bisa menghasilkan 15 - 20 pasang motif sederhana kalau rumit 1 hari hanya 1 pasang. Beragam gambar dibuatnya. Ada sandal bertema musik, kata-kata menarik, pemain sepak bola, bahkan gambar ukir bermotif wajah pemesan. Selain memiliki ragam motif ukiran yang indah, para pembeli pun dapat juga berperan dalam menentukan hasil karya tiap sandal produksinya. Jangan heran jika para muda mudi dan orang tua lebih memilih untuk mengukir sandalnya, ketimbang harus membeli yang sudah jadi.

Sandalnya menarik dan tidak membosankan, serta empuk lagi. Terus lucu aja buat dipakai untuk keseharaian. Banyak pilihan. . . . . .Harganya pun sangat terjangkau.
Zaenal Mukhlisin Pengrajin SANDAL Jepit UKIR dari
Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Sandalnya menarik dan tidak membosankan, serta empuk lagi. Terus lucu aja buat dipakai untuk keseharaian. Banyak pilihan. . . . . .Harganya pun sangat terjangkau.


Hingga ke Negara-Negara di Berbagai Benua.

Fasilitas pelayanan yang sangat inovatif dari si Anak Kampung yang sekiranya berhasil menarik perhatian acara TV. Hal itu dimulai tahun 2013 pada salah satu TV Swasta dan bulan November 2016 The Roof Top mengundangnya mengisi acara mereka, serta "Thn 2016 bulan oktober n nov dpt undangan stasiun tv di jkrt trans7 n net tv, jd tmbh rame jg pak pesanannya. bhkn smpe kuwalahan," ujarnya dengan nada bersyukur.

Pak Zaenal Mukhlisi dipersilahkan hadir guna memperkenalkan kreasinya. Keunikan dan keindahan yang ada pada sandal merupakan daya tarik tersendiri bagi para pemesan sandal ukir. Untuk harga cukup terjangkau di kantong anak muda dan masyarakat menengah ke bawah.

Ragam kalimat promosi yang menggemaskan dan atraktif pun hadir, seperti. . . . . . .(1) Ini lucu banget?, (2) Pokoknya bisa pesan sesuai dengan keinginanmu, (3) Naruta ada di sandal jepitmu, (4) Bikin Pikachu pun bisa, (5), Kalau ngefans sama klub sepakbola Arema, bisa kok diukir di atas sandal jepitmu, dan banyak lagi dan banyak lagi. Pastinya, tak pernah kecewa dengan kualitas. Inilah salah satu alasan yang membuat para pecinta seni sandal ukir bersedia memborong produk Sandal Ukir Pati.

Kalau untuk rencana ke depan Pak Zaenal berniat melebarkan sayap ke toko-toko, mall, swalayan dan banyak departemen store di berbagai kota. Harga yang ditawarkan pun sangatlah murah. Cuma Rp. 20 ribu serta termahal Rp. 40 ribu yang lengkap dengan ukiran wajah, maksimal 15 orang. Sedangkan untuk hiasan dinding, harganya bisa mencapai Rp. 750 ribu berdasarkan ukuran bingkai yang besar.

Untuk mendongkrak omzet penjualan, pria kelahiran 28 Februari juga memanfaatkan momen-momen tertentu untuk melakukan promosi, seperti musim liburan sekolah dan hari-hari besar nasional. Selain itu, berkat memanfaatkan kemajuan teknologi dan luasnya jaringan internet, pemesanan sudah merambah ke luar negeri. Singapura, Malaysia, dan Hongkong untuk kawasan Asia Tenggara, juga Amerika pernah, serta Inggris. Jelasnya (30/03/2017), "Amerika pernah sekali n inggris cuma bbrp kali sktr 3-4 tp pemesan 1orang. Klo hngkong n mlaysia yg sering. TKI yg pesan pak."

Beruntung sekali saya bisa berbicara langsung dengan Beliau. Sosok ramah, umumnya orang desa di Indonesia telah memberikan motivasi yang sangat baik bagi kita semua. Padahal bahannya hanya sandal. Namun tidak sedikit para pelanggannya menyatakan bila memakai sandal polos cukup membosankan. Desain Sandal Ukir Pati itu unik dan moderen, serta juga simple. Pastinya menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi setiap pelanggannya.

Jenis kerajinan ini sudah ia geluti sejak tahun 2008. Sandal Ukir Pati produksinya bahkan saat ini telah diekspor ke berbagai Negara di Asia Tenggara, serta juga Negara-negara di Benua Kolombus.
Zaenal Mukhlisin Pengrajin SANDAL Jepit UKIR dari Kabupaten
Pati, Jawa Tengah
 Jenis kerajinan ini sudah ia geluti sejak tahun 2008. Sandal Ukir Pati produksinya bahkan saat ini telah diekspor ke berbagai Negara di Asia Tenggara, serta juga Negara-negara di Benua Kolombus.

Peluang Usaha untuk Anda dari Pak Zaenal.

Seperti yang sudah kita ketahui. Potensi pasar yang menjanjikan pada berbagai kalangan konsumen di masyarakat tidak terlepas karena faktor antusias. Berdasarkan respon yang ada memaparkan bila pembeli cenderung menyukai sesuatu yang nyaman, unik, bagus, dan modis. Hal yang sudah terlihat begitu jelas pada tiap karya yang diciptakan oleh Pak Zaenal Mukhlisin.

Hasil produksinya berkualitas tinggi, tapi tidak membosankan dan tidak mahal. Terus lucu aja buat dipakai untuk aktivitas keseharian. Banyak pilihan. . . . . . .Sungguh kesempatan terbaik bagi anda yang ingin memulai usaha di desa-desa, maupun kota. Berbagai kemudahan pun ditawarkan. Untuk tiap pemesanan Sandal Ukir Pati, anda bisa menghubungi langsung pada alamat yang tertera di bawah ini. Ia pun menawarkan jabatan sebagai Distributor. Cukup anda biasa mentransfer pembayaran terlebih dahulu atau down payment sebesar 50%.

Facebook: https://www.facebook.com/lee.shien.31/
                  https://id-id.facebook.com/public/Sandal-Ukir
Blogspot: http://sandalukirpati.blogspot.co.id/
Alamat: Jl Tayu Puncel KM 01, Kampung Dukuh, RT 06, RW 02, Desa Tayu Wetan, Kabupaten, Pati, Jawa Tengah, 59155, Indonesia.
Telepon: +62 812-1513-5440




Sandal jepit produksinya bisa diubah tampilannya menjadi sangat unik. Pak Zaenal Mukhlisin, warga Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu, Pati, Jawa Tengah adalah empunya. Tak hanya untuk cowok, banyak motif gambar yagn sesuai selera wanita pun hair. Bisnis yang telah ia geluti sejak tahun 2010. Saat ini produk kreatifnya telah dipasarkan lewat media online yang pada awalnya masih dari mulut ke mulut.Sandal jepit produksinya bisa diubah tampilannya menjadi sangat unik. Pak Zaenal Mukhlisin, warga Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu, Pati, Jawa Tengah adalah empunya. Tak hanya untuk cowok, banyak motif gambar yagn sesuai selera wanita pun hair. Bisnis yang telah ia geluti sejak tahun 2010. Saat ini produk kreatifnya telah dipasarkan lewat media online yang pada awalnya masih dari mulut ke mulut.Sandal jepit produksinya bisa diubah tampilannya menjadi sangat unik. Pak Zaenal Mukhlisin, warga Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu, Pati, Jawa Tengah adalah empunya. Tak hanya untuk cowok, banyak motif gambar yagn sesuai selera wanita pun hair. Bisnis yang telah ia geluti sejak tahun 2010. Saat ini produk kreatifnya telah dipasarkan lewat media online yang pada awalnya masih dari mulut ke mulut.

Sandal jepit produksinya bisa diubah tampilannya menjadi sangat unik. Pak Zaenal Mukhlisin, warga Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu, Pati, Jawa Tengah adalah empunya. Tak hanya untuk cowok, banyak motif gambar yagn sesuai selera wanita pun hair. Bisnis yang telah ia geluti sejak tahun 2010. Saat ini produk kreatifnya telah dipasarkan lewat media online yang pada awalnya masih dari mulut ke mulut.Sandal jepit produksinya bisa diubah tampilannya menjadi sangat unik. Pak Zaenal Mukhlisin, warga Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu, Pati, Jawa Tengah adalah empunya. Tak hanya untuk cowok, banyak motif gambar yagn sesuai selera wanita pun hair. Bisnis yang telah ia geluti sejak tahun 2010. Saat ini produk kreatifnya telah dipasarkan lewat media online yang pada awalnya masih dari mulut ke mulut.Sandal jepit produksinya bisa diubah tampilannya menjadi sangat unik. Pak Zaenal Mukhlisin, warga Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu, Pati, Jawa Tengah adalah empunya. Tak hanya untuk cowok, banyak motif gambar yagn sesuai selera wanita pun hair. Bisnis yang telah ia geluti sejak tahun 2010. Saat ini produk kreatifnya telah dipasarkan lewat media online yang pada awalnya masih dari mulut ke mulut.

Sandal jepit produksinya bisa diubah tampilannya menjadi sangat unik. Pak Zaenal Mukhlisin, warga Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu, Pati, Jawa Tengah adalah empunya. Tak hanya untuk cowok, banyak motif gambar yagn sesuai selera wanita pun hair. Bisnis yang telah ia geluti sejak tahun 2010. Saat ini produk kreatifnya telah dipasarkan lewat media online yang pada awalnya masih dari mulut ke mulut.Sandal jepit produksinya bisa diubah tampilannya menjadi sangat unik. Pak Zaenal Mukhlisin, warga Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu, Pati, Jawa Tengah adalah empunya. Tak hanya untuk cowok, banyak motif gambar yagn sesuai selera wanita pun hair. Bisnis yang telah ia geluti sejak tahun 2010. Saat ini produk kreatifnya telah dipasarkan lewat media online yang pada awalnya masih dari mulut ke mulut.
















Sumber Penulisan:
http://www.murianews.com/2015/04/24/11573/sandal-jepit-ukir-tembus-luar-negeri.html
http://lapakwarta.blogspot.co.id/2015/10/sandal-japit-ukir-tembus-pasaran-luar.html
http://infohonor.blogspot.co.id/2015/02/karya-seni-dari-sandal-jepit-karet.html
http://www.awaludinjordan.com/2016/10/12/ukiran-di-sandal-jepit-karya-seniman-pati/
https://www.brilio.net/wow/10-ukiran-di-sandal-jepit-karya-seniman-pati-ini-keren-abis-1610100.html



No comments:

Post a Comment

Waktu begitu cepat berlalu mengiring langkah dalam cerita. Terbayang selalu tatapanmu dalam lingkaran pemikiran positif ku. Para pembaca blog Warga Desa (https://warga-desa-worlds.blogspot.com) adalah teman yang terindah. Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan komentar.

Label

Agama Air Minum Alat Musik Alumunium Angklung Artis Asmara Automotif Bahan Bakar Bali Bambu Bandung Bank Bank Sampah Barang Bekas Batam Batik Becak Beras Besakih Biola Blogspot Boneka Buah-buahan Budaya dan Tradisi Buka Lapak Buku Bunga Burger Burung Cafe Charlie Tjendapati CNBC Cobek Dandung Santoso Daur Ulang Desa Desain Dodol E-mail Eceng Gondok Edie Juandie Ekonomi dan Perdagangan Es Krim Facebook Flipboard Flora dan Fauna Fruit Carving Furnitur Gadget Gamelan Garam Gerai Gerobak Gitar Google Plus Gula Hari Raya Harian Merdeka Haryadi Chou Hewan Hiburan dan Wisata Hidayah Anka Hidroponik Hijab Hotel http://www.duahari.com Hukum dan Politik Indra Karyanto Instagram Internet Internet Marketing ITB Jagung Jajanan Jamu Jamur Tiram Jangkrik Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Jepang Kain dan Pakaian Kaleng Kalimantan Kamera Kapal Laut Karaoke Kartun Kecantikan Kecap Keju Kelautan Kelinci Kemasyarakatan Kendaraan Kerajinan Kereta Kertas Kiat dan Tip Kisah Hidup Koki Komputer dan Teknologi Kopi Koran Kuda Pustaka Kuliner Kulit Kumpulan Kurir LA Time Laptop Si Unyil Lidah Buaya Linkedin Liputan 6 Logam Lukisan Kayu Madu Mahasiswa Mainan Anak-Anak Makanan dan Minuman Malang Martabak Masyarakat dan Persoalannya Matras Melukis & Menggambar Metro TV Mineral Miniatur Minyak Atsiri Mitra Mobil Motor Musik Nana Mulyana Narapidana Net TV Ngatmin Biola Bambu Obat dan Kesehatan Olah Raga Ondel-Ondel Online Organik Organisasi Sosial Pameran Panama Papers Pantang Menyerah Papan Selancar Paper Quilling Pariwisata Peluang Usaha Pemulung Pencucian Pendidikan Penelitian Penemuan Penyanyi Penyiar Peralatan Perhiasan Perikanan Permainan Perpustakaan Pertanian dan Perkebunan Perumahan Peternakan Pinterest Plastik Proses Produksi Psikologi dan Mental Putu Gede Asnawa Dikta Puyuh Radio Rancangan Rendang Resep dan Masakan Restoran Robot Roti Salak Sambal Sampah Sandal Sapi Sayur Mayur Sejarah dan Peradaban Sekolah Semarang Seni Seni Pahat Sepatu Sepeda Sindo News Slamet Triamanto Spa Strikingly Suprapto Surabaya Surat Kabar Tahun Baru Tas Tattoo Techno Park Teh Tekhnologi Televisi Telur Terrarium Tukang Cukur Tumang Twitter Venta Agustri Vespa Wanita dan Keindahan Wawancara Wayang Website Wetz Shinoda What's Up Wine Wordpress Yoga Yogyakarta You Tube