Thursday, July 7, 2011

Arang Bambu, Peluang bisnis dengan Harga Jual yang luar biasa

Multiguna.

Selama ini potongan-potongan bambu limbah dari kerajinan mebel dan penganyaman gedhed, hanya jadi bahan bakar. Padahal, limbah bambu tersebut punyai nilai ekonomi yang menggiurkan, bila diolah menjadi arang.

Sebuah kelompok kegiatan bernama Omah Areng dusun Kamal Kulon, Margomulyo, Seyegan, Kabupaten Sleman, tergerak mempelopori pengolahan limbah bambu menjadi arang ajaib. Kelompok yang berdiri pada bulan Mei 2009 itu, mampu menangkap peluang arang bambu menjadi bisnis yang berprospek cerah.

Limbah bambu yang dianggap tidak memiliki nilai ekonomi, disulap menjadi barang unik sekaligus menarikd an memiliki banyak kegunaan. Arang bambu bisa menetralkan bau ruangan, termasuk kamar mandi.

Menghilangkan bau apek pada lemari pakaian, menetralisir bau pada kulkas, menambah kandugnan mineral paa air, membuat pulen nasi, menyerap bau rokok di dalam ruangan serta mengurangi radiasi pada alat-alat elektronik seperti komputer dan televisi.

Semua manfaat arang bambu sudah teruji secara ilmiah pada uji laboratorium universitas Gajah Mada,” ungkap Hidayat (30), sekretaris Omah Areng, usaha yang berdiri pada 21 Mei 2009.

Menurut Hidayat, dengan hasil laboratorium menunjukkan arang bambu punya banyak manfaat. Hal tersebut membuat kelompok kegiatannya untuk berani dalam memproduksi serta memasarkan produk berbahan baku limbah kerajinan tersebut.

Apalagi sudah terbukti, arang bambu memiliki kemampuan untuk menjernihkan minyak goreng yang sudah dipakai beberapa kali. Caranya, arang bambu dimasukkan dalam minyak yang akan digunakan untuk menggoreng. Maka minyak akan tahan lama beningnya dan tidak akan buthek.

Membuat arang bambu, pada prinsipnya sama seperti membuat arang kayu. Sedikit pembedanya pada cara agar arang yang dihasilkan mempunyai multiguna.

Ada dua bentuk arang bambu : keping dan bumbung. Untuk bentuk arang keping yang diproduksi Omah Areng, ukuran panjangnya 10 cm, lebar 5 cm. Sedangkan bentuk bumbung, panjang 10 cm dan berdiameter 7 cm.

Bambu yang sudah dipotong sesuai ukuran, dibersihkan. Setelah itu dimasukkan oven atau tungku pembakaran. Oven terbuat dari drum.

Sementara ini kita baru punya dua tungku oven. Jadi untuk jenis keping bisa dipenuhi dengan kapasitas sebesar dua ribu. Sedangkan untuk jenis bumbung sekitar 700 batang,” kata Hidayat yang mengaku lulusan STM 2 Yogyakarta.

Proses pembakaran sangat menentukan bagus dan tidaknya hasil. Dalam proses ini api dijaga betul derajat kepanasannya. Jangan sampai padam sebelum proses pembakaran sempurna.

Menurut Hidayat, arang yang bagus itu jika dalam proses pembakaran bisa mencapai kepanasan minimal 150 derajat celcius. Jika bisa melebihi angkat itu tentunya untuk arang akan lebih bagus lagi.

Untuk menjaga stabilnya api, setiap setengah jam dilakukan kontrol dengan termometer. Proses pembakaran untuk mencapai angka 150 derajat membutuhkan waktu sekitar 10 jam.

Alamat: Jl Empu Gandring Gang 6 no 808B, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
Telepon: 0857-1215-7862
Jam buka: Hari ini buka · 07.00–21.30
Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta 






Sumber penulisan:
http://www.arangbambo.com/2015/06/manfaat-areng-bambu.html
http://www.banjirpesanan.com/bisnis-untuk-mendulang-rupiah-dari-arang-bambu.html
http://www.arangbambo.com/2013/03/peluang-bisnis-dengan-harga-jual-yang.html
http://peluangusaha.kontan.co.id/news/ringan-timbangan-arang-berlimpah-ruah-hasil-pembakaran
http://arangbambuaktif.blogspot.co.id/2013/09/selamat-datang.html
http://www.pengusaha.us/2015/01/manfaat-arang-bambu-bagi-kocek.html
http://omah_arang.indonetwork.co.id/
http://kotakitaku-tamanbambunusantara.blogspot.co.id/2013/02/profil-produsen-arang-bambu-yang.html

2 comments:

  1. Replies
    1. Kalau boleh tahu. Apakah ?? Pak Riyanto Yanto adalah pemilik usaha Omah Areng

      Delete

Waktu begitu cepat berlalu mengiring langkah dalam cerita. Terbayang selalu tatapanmu dalam lingkaran pemikiran positif ku. Para pembaca blog Warga Desa (https://warga-desa-worlds.blogspot.com) adalah teman yang terindah. Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan komentar.

Label

Agama Air Minum Alat Musik Alumunium Angklung Artis Asmara Automotif Bahan Bakar Bali Bambu Bandung Bank Bank Sampah Barang Bekas Batam Batik Becak Beras Besakih Biola Blogspot Boneka Buah-buahan Budaya dan Tradisi Buka Lapak Buku Bunga Burger Burung Cafe Charlie Tjendapati CNBC Cobek Dandung Santoso Daur Ulang Desa Desain Dodol E-mail Eceng Gondok Edie Juandie Ekonomi dan Perdagangan Es Krim Facebook Flipboard Flora dan Fauna Fruit Carving Furnitur Gadget Gamelan Garam Gerai Gerobak Gitar Google Plus Gula Hari Raya Harian Merdeka Haryadi Chou Hewan Hiburan dan Wisata Hidayah Anka Hidroponik Hijab Hotel http://www.duahari.com Hukum dan Politik Indra Karyanto Instagram Internet Internet Marketing ITB Jagung Jajanan Jamu Jamur Tiram Jangkrik Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Jepang Kain dan Pakaian Kaleng Kalimantan Kamera Kapal Laut Karaoke Kartun Kecantikan Kecap Keju Kelautan Kelinci Kemasyarakatan Kendaraan Kerajinan Kereta Kertas Kiat dan Tip Kisah Hidup Koki Komputer dan Teknologi Kopi Koran Kuda Pustaka Kuliner Kumpulan Kurir LA Time Laptop Si Unyil Lidah Buaya Linkedin Liputan 6 Logam Lukisan Kayu Madu Mahasiswa Mainan Anak-Anak Makanan dan Minuman Malang Martabak Masyarakat dan Persoalannya Matras Melukis & Menggambar Metro TV Mineral Miniatur Minyak Atsiri Mitra Mobil Motor Musik Nana Mulyana Narapidana Net TV Ngatmin Biola Bambu Obat dan Kesehatan Olah Raga Ondel-Ondel Online Organik Organisasi Sosial Pameran Panama Papers Pantang Menyerah Papan Selancar Paper Quilling Pariwisata Peluang Usaha Pemulung Pencucian Pendidikan Penelitian Penemuan Penyanyi Penyiar Peralatan Perhiasan Perikanan Permainan Perpustakaan Pertanian dan Perkebunan Perumahan Peternakan Pinterest Plastik Proses Produksi Psikologi dan Mental Putu Gede Asnawa Dikta Puyuh Radio Rancangan Rendang Resep dan Masakan Restoran Robot Roti Salak Sambal Sampah Sandal Sapi Sayur Mayur Sejarah dan Peradaban Sekolah Semarang Seni Seni Pahat Sepatu Sepeda Sindo News Slamet Triamanto Spa Strikingly Suprapto Surabaya Surat Kabar Tahun Baru Tas Tattoo Techno Park Teh Tekhnologi Televisi Telur Terrarium Tukang Cukur Tumang Twitter Venta Agustri Vespa Wanita dan Keindahan Wawancara Wayang Website Wetz Shinoda What's Up Wine Wordpress Yoga Yogyakarta You Tube