Tuesday, November 15, 2016

Taptopick memberikan Khasanah Terbaru dalam bidang jasa Laundry bagi penduduk Perkotaan

Kuncinya, berani mencoba dan berinovasi. Awalnya, Pak Halilintar Ramadhan hanya fokus untuk mengembangkan usaha keluarganya yang telah berjalan selama 2 tahun. Lantas karena keterbatasan waktu dan makin sulitnya mendapatkan asisten rumah tangga menjadi alasan bagi Taptopick untuk mengembangkan strategi bisnisnya. Kini perencanaan bisnis tersebut tergarap secara apik melalui LAYANAN ONLINE yang mereka tawarkan. Yah! Setidaknya jumlah sebanyak 16 mitra telah memiliki organisasi kinerja yang Lebih Baik semenjak melakukan kerja sama dengan Tap Topick.
Taptopick memberikan Khasanah Terbaru dalam bidang jasa Laundry
bagi penduduk Perkotaan
Zaman semakin berkembang. Gaya hidup penduduk kota dan Warga Desa (World’s) pun ikut berubah. Maka muncullah bisnis-bisnis baru. Bisnis laundry merupakan salah satu hasil perubahan itu. Menurut Halilintar Ramadhan, salah satu pengusaha yang bergerak dalam bidang tukang cuci online, ia diuntungkan berkat menjamurnya usaha penatu.

Ide yang perlu kita cermati, saya kira. Menghargai dan mau mempelajari, jika anda memang sibuk dengan rutinitas. Selain itu, keterbatasan waktu dan makin sulitnya mendapatkan asisten rumah tangga menjadi alasan masyarakat untuk lebih memilih menggunakan jasa para pinatu. Potensi usaha yang menghadirkan koreografi bentuk baru akan kinerja yang kemudian mendorong Pria lulusan ITB untuk Fakultas Industrial Engineering angkatan 2007 berniat menghadirkan ide berliannya untuk Masyarakat di Taptopick (http://www.taptopick.co).

Halilintar sadar betul ketatnya persaingan bisnis cuci kala itu. Tak segan ia mencari cara agar usahanya berbeda dari usaha-usaha cuci lain yang sudah ada. Kuncinya, berani mencoba dan berinovasi. Awalnya, ia hanya fokus untuk mengembangkan usaha keluarganya yang telah berjalan selama 2 tahun. Lantas di bulan September 2015, berbagai informasi yang diperlukan tergarap secara apik melalui pasar anyar yang didasarkan pada trend usaha di luar negeri. Jelasnya kepada Harian Kontan (14/09/2016), “Di luar negeri sudah ada permintaan penatu bisnis berbasis aplikasi, kelihatannya lebih mudah juga untuk scale up bisnis karena ini, kan, light asset.”

The protector. The teacher. The one that will always have your back. Thank you for everything, Dad and Mom.
Taptopick memberikan Khasanah Terbaru dalam bidang jasa Laundry
bagi penduduk Perkotaan
The protector. The teacher. The one that will always have your back. Thank you for everything, Dad and Mom.

Jasa Laundry Terbaru di Indonesia.

Namun tetap, semua perjalanan ide tersebut tidaklah mudah. Memerlukan konsentrasi penuh dan kemauan yang sungguh-sungguh. Pagi sampai siang masuk kerja di Unilever dan menjalani tanggung jawab jabatan sebagai Responsible for chemical materials in South East Asia and Australasia cluster.

Pada sela-sela waktu kosong, ia terus memutar otak untuk membesarkan usaha keluarga. Termasuk mencari solusi terbaik dari layanan yang sudah ada.  “Menurut kalkulasi saya, biaya untuk membuat usaha laundry sangat besar. Jadi untuk balik modal butuh waktu lumayan lama. Di situlah akhirnya saya mendapatkan ide untuk membuat aplikasi,” katanya kepada Harian Sindonews (02/02/2016).

Memasuki beberapa minggu kemudian, ada temannya bersedia bekerja sama dalam bidang teknologi, coding, dan pemrograman. Namanya Pak Puja Pramudya, ia terlihat begitu piawai saat menciptakan software layanan yang memiliki konsep pick-up delivery. Manfaatnya. . . . Pelanggan cukup menggunakan aplikasi yang telah disediakan pada Taptopick untuk digunakan dalam melakukan order. Kemudian petugas Taptopick datang langsung ke rumah untuk mengambil pakaian. Cukup tunggu sampai 3 hari, pegawai Taptopick akan mengantarkan kembali ke rumah pelanggan.

Selain cepat, jasa laundry Taptopick dinilai murah, mudah, rapi, licin dan hasilnya memuaskan karena menggunakan metode mystery shopper untuk mengecek konsistensi kualitas dari cucian. Kira-kira Pak Halilintar menyiapkan modal sekitar Rp. 200 hingga 300 juta. Uang sebanyak itu digunakan untuk menyewa tempat, membangun sistem, memberi peralatan, dan menggaji karyawan (tim administrasi, kurir, tenaga pemasar), serta menghasilkan cairan kimia pembersih yang prinsipnya menonjolkan keunggulan nyata yang lebih baik dari usaha sejenis lainnya. Dia mengklaim, usahanya tidak sekedar mencuci dan menyetrika. Tapi juga merawat pakaian.

Our premium cleaners offer a dry cleaning process for your sensitive fabrics such as silk and wool. We also advised you to use this service for your precious clothes such as Batik, Shirt, Suits, and Kebaya. You can see more items in every cleaner that you choose in our app.
Taptopick memberikan Khasanah Terbaru dalam bidang jasa Laundry
bagi penduduk Perkotaan
Our premium cleaners offer a dry cleaning process for your sensitive fabrics such as silk and wool. We also advised you to use this service for your precious clothes such as Batik, Shirt, Suits, and Kebaya. You can see more items in every cleaner that you choose in our app.

Disiplin yang Tinggi untuk Pelayanan.

Lelaki yang biasa dipanggil Lintar membutuhkan waktu sekitar 5 bulan untuk membangun konsep waralaba yang matang. Setelah resmi menawarkan jasanya kepada masyarakat pada Januari 2016, instingnya tidak melesat, banyak mitra yang tertarik. Sebab belum ada usaha laundry dan perawatan pakaian seperti miliknya.

Cukup repot kiranya! Salah satunya adalah menularkan semangat berwirausaha kepada mitra. Totalitas dalam membangun sebuah usaha pun melahirkan berbagai konsep menarik dalam hal kerjasama. Pastinya semua itu tentang aturan akan kualitas hasil pencucian. Contohnya: Mitra sudah memiliki SOP (standar operating procedure) untuk setiap kinerjanya per minggu, mitra telah perpengalaman dalam bidang laundry selama 2 tahun, cucian harus licin, rapi, memiliki aroma wewangian yang nyaman, serta tidak pernah menghasilkan noda yang tertinggal.

Bila persyaratan dasar telah dipenuhi, petugas dari TapTopick akan selalu rajin mengamati dan menganalisa pola kerja pencucian mitra hingga pembungkusan untuk siap antar. “Ada lima kali pengecekan lewat cara ini dan kelimanya harus lulus. Kalau satu gagal, enggak bisa kerjasama,” tegasnya. Ke 5 aturan tersebut dilakukan karena TapTopick lebih memprioritaskan penetrasi pasarnya pada kalangan konsumen tingkat menengah. Selain itu, jasa antar jemput yang menggunakan aplikasi dipastikan memiliki tarif harga yang lebih mahal dibanding umumnya harga cuci di binatu biasa. Namun ternyata animo tentang penentuan harga tersebut salah.

Tarifnya Rp. 12 ribu/kg untuk masa pengerjaan 3 x 24 jam dalam hal pengerjaan jasa lipat dan cuci, serta Rp. 15 ribu untuk tambahan akan jasa seterika. Adapun penawaran harga dari kios laundry mitra memiliki kisaran ongkos yang dikenakan tidak jauh berbeda, tuturnya, “Rp 7.000 - 10.000 per kilogram. Sisanya untuk biaya operasional dan benefit yang kami tawarkan.” Untuk biaya antar-jemput, Taptopick memberikan fasilitas gratis kepada mitra tanpa dikenakan biaya tambahan. Pembayaran semua jasa biasanya dilakukan pada awal dengan mentransfer sejumlah dana ke rekening bank mitra. Jadi, pembayaran jasa tidak dilakukan saat pengambilan cucian.

Besok malem ada undangan dinner tapi lupa nyuci dress kesayangan? Taptopick to the rescue! Tinggal klik tombol Express ketika menentukan jadwal pick-up dan kamu pun siap tampil keren keesokan harinya.
Taptopick memberikan Khasanah Terbaru dalam bidang jasa Laundry
bagi penduduk Perkotaan
Besok malem ada undangan dinner tapi lupa nyuci dress kesayangan? Taptopick to the rescue! Tinggal klik tombol Express ketika menentukan jadwal pick-up dan kamu pun siap tampil keren keesokan harinya.

Sistem Pembayaran dan Pelayanan yang Prima.

Salah satu keunggulan Taptopick adalah pemahaman mendalam soal proses kerja yang telah dirintis. Ia mendefinisikan Taptopick sebagai layanan jasa laundry terstandarisasi yang berbasis aplikasi dan website, dan kenyataan tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.

Layanan prima yang telah di hadirkan pada website, antara lain: real time status update (mulai dari pick-up, cleaning, hingga delivery), fast and easy pick-up order, serta flexible pick-up and delivery location (pilihan cucian untuk dapat diambil di rumah atau kantor). Sistem pembayaran juga masih memanfaatkan transfer bank atau membayar langsung saat pengambilan pakaian atau pelanggan bisa menggunakan voucher dari Taptopick credit dalam hal pembayaran online. Pastinya, “Pelanggan bisa mengunduh aplikasi di App Store dan Google Play Store, kemudian pilih waktu pick-up, pilih lokasi delivery, pilih jasa laundry yang ingin digunakan. Selanjutnya Pickr atau kurir akan datang menjemput pakaian kotor pelanggan dan membawanya ke laundry partner kami.”

Menyederhanakan yang rumit merupakan salah satu kekuatan Pak Halilintar dalam merintis perihal bisnis yang ia jalani. Kebutuhan yang telah terakomodir dapat terjalin secara apik melalui kerjasama dengan 16 mitra yang terdapat di Jakarta, Bekasi, Tangerang, serta Depok. Kira-kira bobot sebanyak 5 hingga 7 kg adalah rata-rata pesanan dalam 1 hari dan diperkirakan pada beberapa bulan kedepan, Bandung dan Bali sudah menjadi pelanggan tetap untuk sektor pemesanan. Hal ini dilakukan sebagai strategi ekspansi, sambil mencoba untuk menggunakan aplikasi on-demand service yang di usung oleh Popbox Locker dan Yessboss. Ke dua perusahaan tersebut akan memfasilitasi potongan harga melalui kode perusahaan bagi para karyawan di perusahaan-perusahaan pelanggan guna mendapatkan potongan harga pada setiap jasa pencucian yang ditawarkan oleh TapTopick. Tentunya, sebagai start-up dengan modal terbatas, taptopick sadar bahwa kolaborasi merupakan kunci untuk mengembangkan strategi bisnisnya.

Website: http://www.taptopick.co/
Facebook: https://www.facebook.com/taptopick/
Twitter: https://twitter.com/taptopick
Instagram: https://www.instagram.com/taptopick/






Sumber Artikel:
http://internetkreatif.com/2016/01/berbisnis-startup-laundry-on-demand.html
http://peluangusaha.kontan.co.id/news/mencomblangi-baju-kotor-dan-tukang-cuci-kiloan
http://news.steradian.co.id/taptopick-aplikasi-jasa-cuci-baju/
http://www.koran-sindo.com/news.php?r=6&n=10&date=2016-02-02
http://smart-money.co/bisnis/jemput-bola-anak-muda-ini-bikin-layanan-binatu-daring

No comments:

Post a Comment

Waktu begitu cepat berlalu mengiring langkah dalam cerita. Terbayang selalu tatapanmu dalam lingkaran pemikiran positif ku. Para pembaca blog Warga Desa (https://warga-desa-worlds.blogspot.com) adalah teman yang terindah. Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan komentar.

Label

Agama Air Minum Alat Musik Alumunium Angklung Artis Asmara Automotif Bahan Bakar Bali Bambu Bandung Bank Bank Sampah Barang Bekas Batam Batik Becak Beras Besakih Biola Blogspot Boneka Buah-buahan Budaya dan Tradisi Buka Lapak Buku Bunga Burger Burung Cafe Charlie Tjendapati CNBC Cobek Dandung Santoso Daur Ulang Desa Desain Dodol E-mail Eceng Gondok Edie Juandie Ekonomi dan Perdagangan Es Krim Facebook Flipboard Flora dan Fauna Fruit Carving Furnitur Gadget Gamelan Garam Gerai Gerobak Gitar Google Plus Gula Hari Raya Harian Merdeka Haryadi Chou Hewan Hiburan dan Wisata Hidayah Anka Hidroponik Hijab Hotel http://www.duahari.com Hukum dan Politik Indra Karyanto Instagram Internet Internet Marketing ITB Jagung Jajanan Jamu Jamur Tiram Jangkrik Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Jepang Kain dan Pakaian Kaleng Kalimantan Kamera Kapal Laut Karaoke Kartun Kecantikan Kecap Keju Kelautan Kelinci Kemasyarakatan Kendaraan Kerajinan Kereta Kertas Kiat dan Tip Kisah Hidup Koki Komputer dan Teknologi Kopi Koran Kuda Pustaka Kuliner Kumpulan Kurir LA Time Laptop Si Unyil Lidah Buaya Linkedin Liputan 6 Logam Lukisan Kayu Madu Mahasiswa Mainan Anak-Anak Makanan dan Minuman Malang Martabak Masyarakat dan Persoalannya Matras Melukis & Menggambar Metro TV Mineral Miniatur Minyak Atsiri Mitra Mobil Motor Musik Nana Mulyana Narapidana Net TV Ngatmin Biola Bambu Obat dan Kesehatan Olah Raga Ondel-Ondel Online Organik Organisasi Sosial Pameran Panama Papers Pantang Menyerah Papan Selancar Paper Quilling Pariwisata Peluang Usaha Pemulung Pencucian Pendidikan Penelitian Penemuan Penyanyi Penyiar Peralatan Perhiasan Perikanan Permainan Perpustakaan Pertanian dan Perkebunan Perumahan Peternakan Pinterest Plastik Proses Produksi Psikologi dan Mental Putu Gede Asnawa Dikta Puyuh Radio Rancangan Rendang Resep dan Masakan Restoran Robot Roti Salak Sambal Sampah Sandal Sapi Sayur Mayur Sejarah dan Peradaban Sekolah Semarang Seni Seni Pahat Sepatu Sepeda Sindo News Slamet Triamanto Spa Strikingly Suprapto Surabaya Surat Kabar Tahun Baru Tas Tattoo Techno Park Teh Tekhnologi Televisi Telur Terrarium Tukang Cukur Tumang Twitter Venta Agustri Vespa Wanita dan Keindahan Wawancara Wayang Website Wetz Shinoda What's Up Wine Wordpress Yoga Yogyakarta You Tube