Sunday, February 11, 2018

Kaleng Bekas diubah jadi Lukisan, Ibunda Rosi Haryati telah memulainya sejak tahun 2010


Berangkat dari keperdulian Ibunda Rosi Haryati pada lingkungan, ia bersama semua anggota keluarga membuat outlet Sanggar Kaleng. Outlet ini memiliki galeri yang beralamat di Jl. Pulo Gadung Rt 1 Rw 1 No. 42. Usaha ini dirintis mulai tahun 2011.

Meskipun bahannya murah dan kesannya sederhana, namun ternyata butuh pendidikan khusus agar bisa menghasilkan karya bernilai jual tinggi. Proses pelatihan yang intensif memerlukan waktu selama 1 tahun, isinya tentang pengelolaan bahan berupa kaleng bekas yang diubah menjadi lukisan dengan menggunakan teknik emboss painting.

Ibunda Rosi Art, sapaan beliau, mendapatkan pengarahan langsung dari suami, yaitu, "Pak Ismoyo.....th 2010," tulisnya di Facebook (21/01/2018). Lukisan emboss pada dasarnya mengukir sebuah desain pada permukaan sehingga tampak terangkat. Hal tersebut dapat dilakukan pada suatu bidang yang lebih keras dibanding kanvas, seperti alumunium foil atau permukaan yang lebih lembut dan fleksibel seperti kain.

Untuk sobat Warga Desa yang suka melukis, seni jenis ini sangat bagus untuk dijadikan wahana baru guna menemukan improvisasi kemampuan yang lebih baik. Tidak hanya dapat meningkatkan kreativitas, tapi juga menggairahkan indra pengamatan. Hasilnya pun selalu terlihat cantik sekali setelah anda menyelesaikan keseluruhan pedoman lukisan.

Lain pula bila anda memang mengkhususkan diri untuk terjun ke bidang seni ini. Ibunda Rosi saja, sampai saat ini hanya mampu memproduksi sekitar 1 sampai 2 lukisan dalam setiap jenjang proses pembuatannya. Tahapan pertama dimulai dengan pembuatan sketsa setelah bahan alumunium foil dipotong sesuai ukuran dan dibersihkan. Kaleng bekas digambar menggunakan pensil atau batang kayu tumpul hingga membentuk relief serupa kaligrafi. Teknik ketok satu persatu menggunakan palu untuk menghasilkan sketsa, juga seringkali dilakukan.

Nah! Pada proses selanjutnya inilah yang paling sulit. Mencampur bubuk embossing dengan cat putih, lalu ditoreh secara merata agar dapat menemukan proporsi warna yang memikat. Cat yang masih menempel di kaleng harus dibersihkan terlebih dahulu, sebelum dilukis oleh warna cat lainnya. jadi pola membersihkannya cenderung tidak menggunakan tangan atau kain lap, wajib dilakukan oleh pisau kecil atau cutter. Baru kemudian, kaleng masuk dalam proses penghalusan menggunakan amplas. Lukisan kaleng ini bisa dipergunakan sebagai hiasan di rumah ataupun menjadi hadiah untuk rekan kerja, serta bisa dijadikan plakat untuk semua perusahaan.

Sumber daya lukisan buatannya diperoleh dari para pemulung yang biasa mengumpulkan barang bekas sisa-sisa warung, toko, dsb. Modal awalnya Rp. 500 ribu dan berkat memanfaatkan teknologi, hasil karyanya kemudian dijual secara online, disamping juga mengandalkan keramaian di pusat-pusat perbelanjaan dan berbagai ajang pameran seperti Jakarta Fair.

Penjualan pertama karya Ibunda Rosi dibeli oleh wisatawan asal India pada tahun 2012. Alumunium CFD ukuran 0,2 terpilih sebagai bahannya untuk dijadikan bentuk lukisan serupa patung yang terdapat di Jl. Thamrin. Ujarnya kemudian, "Mungkin turis...di India Emboss Painting...sangat populer loh."

Facebook: Sanggar Kaleng.
Alamat: Jl. Pulo Gadung Rt 1 Rw 1 No. 42


Video:



Foto:


Terus, saat itu Ibu Rosi belajar berapa lama ??. . . . . . “Ya....satu bln...(..penyempurna'an konsultasi + -- satu tahun.”




Kreasi pertama, Lukisannya apa ??. . . . . . . “Sepeda. ...tglnya lupa.”


Ok sekarang, Untuk setiap 1 (sat) pembuatan Lukisan berbahan kaleng. . . .Membutuhkan waktu berapa lama ??. . . . . .. . . . “1 hr.”



Cepat juga yah. Kalau waktu pertama belajar, berapa lama ??. . . . . .”+ - 1 Minggu...(hampir nyerah).”


“Menyambut...Asian Games Jakarta Palembang 2018. Semangat Olah Raga...!!”


“Emboss Painting...?? (Di atas Kaleng softdrink).”


“Bukaann maeeenn bu rosi ... kreatifitas tanpa bataaassss. seni embosing bagus sekali bu..”


 "Ku sangat bangga dengan kawanku yg satu ini,tak membedakan agama, sukses selalu untuk mba Rosi Art..... Selamat hari Natal 2016...buat umat yg merayakanya....dan Tahun Baru 2017."



No comments:

Post a Comment

Waktu begitu cepat berlalu mengiring langkah dalam cerita. Terbayang selalu tatapanmu dalam lingkaran pemikiran positif ku. Para pembaca blog Warga Desa (https://warga-desa-worlds.blogspot.com) adalah teman yang terindah. Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan komentar.

Label

Agama Air Minum Alat Musik Alumunium Angklung Artis Asmara Automotif Bahan Bakar Bali Bambu Bandung Bank Bank Sampah Barang Bekas Batam Batik Becak Beras Besakih Biola Blogspot Boneka Buah-buahan Budaya dan Tradisi Buka Lapak Buku Bunga Burger Burung Cafe Charlie Tjendapati CNBC Cobek Dandung Santoso Daur Ulang Desa Desain Dodol E-mail Eceng Gondok Edie Juandie Ekonomi dan Perdagangan Es Krim Facebook Flipboard Flora dan Fauna Fruit Carving Furnitur Gadget Gamelan Garam Gerai Gerobak Gitar Google Plus Gula Hari Raya Harian Merdeka Haryadi Chou Hewan Hiburan dan Wisata Hidayah Anka Hidroponik Hijab Hotel http://www.duahari.com Hukum dan Politik Indra Karyanto Instagram Internet Internet Marketing ITB Jagung Jajanan Jamu Jamur Tiram Jangkrik Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Jepang Kain dan Pakaian Kaleng Kalimantan Kamera Kapal Laut Karaoke Kartun Kecantikan Kecap Keju Kelautan Kelinci Kemasyarakatan Kendaraan Kerajinan Kereta Kertas Kiat dan Tip Kisah Hidup Koki Komputer dan Teknologi Kopi Koran Kuda Pustaka Kuliner Kulit Kumpulan Kurir LA Time Laptop Si Unyil Lidah Buaya Linkedin Liputan 6 Logam Lukisan Kayu Madu Mahasiswa Mainan Anak-Anak Makanan dan Minuman Malang Martabak Masyarakat dan Persoalannya Matras Melukis & Menggambar Metro TV Mineral Miniatur Minyak Atsiri Mitra Mobil Motor Musik Nana Mulyana Narapidana Net TV Ngatmin Biola Bambu Obat dan Kesehatan Olah Raga Ondel-Ondel Online Organik Organisasi Sosial Pameran Panama Papers Pantang Menyerah Papan Selancar Paper Quilling Pariwisata Peluang Usaha Pemulung Pencucian Pendidikan Penelitian Penemuan Penyanyi Penyiar Peralatan Perhiasan Perikanan Permainan Perpustakaan Pertanian dan Perkebunan Perumahan Peternakan Pinterest Plastik Proses Produksi Psikologi dan Mental Putu Gede Asnawa Dikta Puyuh Radio Rancangan Rendang Resep dan Masakan Restoran Robot Roti Salak Sambal Sampah Sandal Sapi Sayur Mayur Sejarah dan Peradaban Sekolah Semarang Seni Seni Pahat Sepatu Sepeda Sindo News Slamet Triamanto Spa Strikingly Suprapto Surabaya Surat Kabar Tahun Baru Tas Tattoo Techno Park Teh Tekhnologi Televisi Telur Terrarium Tukang Cukur Tumang Twitter Venta Agustri Vespa Wanita dan Keindahan Wawancara Wayang Website Wetz Shinoda What's Up Wine Wordpress Yoga Yogyakarta You Tube