Saturday, July 2, 2011

Kisah Nikah Siri yang Bermotif Ekonomi

Keinginan melanjutkan kuliah, menjadi alasan penting ketika menikah siri dengan duda beranak 3. Salah satu anak suami sirinya itu sebaya dengan Ulfa. Pertimbangan biaya kuliah menjadikannya mau dinikahi di bawah tangan. Dia berkisah, almarhum ayahnya dulu hanyalah seorang karyawan Swasta. Tak meninggalkan uang pensiunan.Jika merujuk pada legal formal, nikah siri memang bertentangan dengan undang-undang. Tapi faktanya, tak sedikit pasangan memilih menikah secara siri dengan berbagai alasan.

Sebut saja Ulfa (19), gadis manis mahasiswi sebuah PTS terkemuka di Yogya utara ini naanya sudah disamarkan. Mengaku menjalani nikah siri sudah 2 tahun tepatnya, sejak lulus SMA.

Keinginan melanjutkan kuliah, menjadi alasan penting ketika menikah siri dengan duda beranak 3. Salah satu anak suami sirinya itu sebaya dengan Ulfa. Pertimbangan biaya kuliah menjadikannya mau dinikahi di bawah tangan. Dia berkisah, almarhum ayahnya dulu hanyalah seorang karyawan Swasta. Tak meninggalkan uang pensiunan. Dia anak sulung dari 4 bersaudara. Ibunya yang membuka warung makan kecil di Banjarnegara. Hasilnya tak mampu memenuhi semua kebutuhan. Apalagi bila harus mengkuliahkan Ulfa.

Makanya, dia rela dinikasi secara siri oleh seorang pengusaha yang berstatus duda. Semua dilakoninya demi mewujudkan keinginan untuk dapat melanjutkan kuliah, meraih asa. Menjadi sarjana ekonomi yang merupakan cita-citanya sejak kecil.

Sekarang, Ulfa tinggal di rumah kontrakan di bilangan Babarsari. Setiap sabtu ‘suami’nya selalu bertandang plus memberikan segala kebutuhan hidupnya selama seminggu ke depan.

Lain Ulfa, beda pula dengan Ariek (23) yang tinggal seatap dengan Joko (25). Tentunya nama itu sudah direka. Sepasang sejoli ini mengaku melakukan nikah siri semata untuk menyelamatkan diri agar tidak berbuat zina. Pernikahan siri itu dilakukan dengan sepengetahuan orang tua mereka.

Kalau sekedar tunangan, itu belum sah. Aku takut terjerumus zina. Daripada tidak kuat nahan, ya nikah siri saja, secara agama itu diperbolehkan,” ungkap Ariek yang masih berstatus mahasiswa salah satu PTS di kawasan Lingkar Utara.

Nikah Siri merupakan realita yang menimbulkan pro dan kontra. Di tataran tertentu, erupakan solusi terbaik untuk tidak terjerumus perzinaan. Namun pada sisi lain, Pembenaran apapun tidak bisa diberlakukan untuk melegalkan nikah siri yang bertentangan dengan UU No 1 tahun 1974. “Mungkin sebelum adanya UU Perkawinan, praktek nikah siri banyak terjadi. Tapi setelah ada undang-undang itu, tidak lagi,” ungkap Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Bantul Drs H Abdul Majid MA.

Sebenarnya esensi perkawinan atau pernikahan itu dilakukan untuk mendapatkan ketenteraman, sesuai dengan kaidah ajaran agama. Menikah itu selain untuk mendapatkan keturunan juga agar dapat dijadikan penenteraman diri. Dan perkawinan yang sesuai aturan, baik secara pemerintah, dan sah secara agama adalah perkawinan yang melalui lembaga yaitu KUA.

Nikah siri memang masih kontroversi. Bahkan pernah mencuat rencana memidanakan pelakunya. Dalam merespons itu, wakil ketua Komnas Hak Asasi Manusia, Hesti Armiqulan pernah melontarkan keberatannya bila pelaku nikah siri dipidanakan.

Dilihat dari perspektif hak asasi manusia, sesungguhnya menikah adalah atas kehendak bebas dari calon mempelai laki-laki dan perempuan. Kewenangan pemerintah adalah mengatur, bagaimana pernikahan dicatatkan sah oleh negara.

Apalagi UU No.1 tahun 1974 menegaskan, perkawinan sah dilakukan jika menurut hukum agama. Maka tahap pertama, harus dilakukan menurut hukum agama. Itu pertimbangan yang diajukan oleh Hesti.

Jadi, kriminalisasi pelaku nikah siri dianggap berlebihan.


No comments:

Post a Comment

Waktu begitu cepat berlalu mengiring langkah dalam cerita. Terbayang selalu tatapanmu dalam lingkaran pemikiran positif ku. Para pembaca blog Warga Desa (https://warga-desa-worlds.blogspot.com) adalah teman yang terindah. Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan komentar.

Label

Agama Air Minum Alat Musik Alumunium Angklung Artis Asmara Automotif Bahan Bakar Bali Bambu Bandung Bank Bank Sampah Barang Bekas Batam Batik Becak Beras Besakih Biola Blogspot Boneka Buah-buahan Budaya dan Tradisi Buka Lapak Buku Bunga Burger Burung Cafe Charlie Tjendapati CNBC Cobek Dandung Santoso Daur Ulang Desa Desain Dodol E-mail Eceng Gondok Edie Juandie Ekonomi dan Perdagangan Es Krim Facebook Flipboard Flora dan Fauna Fruit Carving Furnitur Gadget Gamelan Garam Gerai Gerobak Gitar Google Plus Gula Hari Raya Harian Merdeka Haryadi Chou Hewan Hiburan dan Wisata Hidayah Anka Hidroponik Hijab Hotel http://www.duahari.com Hukum dan Politik Indra Karyanto Instagram Internet Internet Marketing ITB Jagung Jajanan Jamu Jamur Tiram Jangkrik Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Jepang Kain dan Pakaian Kaleng Kalimantan Kamera Kapal Laut Karaoke Kartun Kecantikan Kecap Keju Kelautan Kelinci Kemasyarakatan Kendaraan Kerajinan Kereta Kertas Kiat dan Tip Kisah Hidup Koki Komputer dan Teknologi Kopi Koran Kuda Pustaka Kuliner Kumpulan Kurir LA Time Laptop Si Unyil Lidah Buaya Linkedin Liputan 6 Logam Lukisan Kayu Madu Mahasiswa Mainan Anak-Anak Makanan dan Minuman Malang Martabak Masyarakat dan Persoalannya Matras Melukis & Menggambar Metro TV Mineral Miniatur Minyak Atsiri Mitra Mobil Motor Musik Nana Mulyana Narapidana Net TV Ngatmin Biola Bambu Obat dan Kesehatan Olah Raga Ondel-Ondel Online Organik Organisasi Sosial Pameran Panama Papers Pantang Menyerah Papan Selancar Paper Quilling Pariwisata Peluang Usaha Pemulung Pencucian Pendidikan Penelitian Penemuan Penyanyi Penyiar Peralatan Perhiasan Perikanan Permainan Perpustakaan Pertanian dan Perkebunan Perumahan Peternakan Pinterest Plastik Proses Produksi Psikologi dan Mental Putu Gede Asnawa Dikta Puyuh Radio Rancangan Rendang Resep dan Masakan Restoran Robot Roti Salak Sambal Sampah Sandal Sapi Sayur Mayur Sejarah dan Peradaban Sekolah Semarang Seni Seni Pahat Sepatu Sepeda Sindo News Slamet Triamanto Spa Strikingly Suprapto Surabaya Surat Kabar Tahun Baru Tas Tattoo Techno Park Teh Tekhnologi Televisi Telur Terrarium Tukang Cukur Tumang Twitter Venta Agustri Vespa Wanita dan Keindahan Wawancara Wayang Website Wetz Shinoda What's Up Wine Wordpress Yoga Yogyakarta You Tube